Blogger Widgets

Saturday 4 August 2012

Gondar – The Bounty Hunter





Gondar is a Draenei that is often called upon for his superior skills. Not much is known about his past, but his capabilities are extraordinary. Some believe he learned from a ninja clan while others say he was born with his amazing abilities. He is able to throw shurikens with extreme accuracy and has the strength to strike down any foe with his two swift blades. His agility is matched by none, and his stealth is inferior only to few. He is interested in the conflict for money alone, and is promised a large reward.




INTRO


Gondar, dari nama nya aj Bounty HUNTER, jadi dia Ganker. Gondar sangat berbakat nge-gank, kalau urusan bokong musuh, dia termasuk D’best laah. Bisa ‘invisible’ (hilang), dan nyerang dengan backstab dari banyangan targetnya, lalu melempari target dengan shuriken dengan damage yang amat sakit.

Hero ini juga dilengkapi kemampuan critical, dia jg bs nge-slow selama beberapa detik kalau kena pukulannya, itu membuatnya lebih mudah lagi menghabisi targetnya.

Dia bisa ‘menandai’ musuhnya dengan track, mengurangi armor, mendeteksi posisi target dimanapun, dan memberinya MS di area sekitar target, jadi tidak akan sulit untuk menjangkau. Dia tidak akan pernah melepas buruannya, dia menginginkan sesautu yang sangat spesial dengan membunuh, yaitu BONUS GOLD!! Ya..dia BERBURU untuk mendapatkan uang yang banyak.

Dia SEMPURNA untuk seorang ganker. Dia bukan hero farmer, jd km akan sering melakukan roaming di map, bersama temanmu, berburu ‘kepala’ musuh, km akan nge-track hero2 seperti rikimaru, weaver, clinks,dll yang akan membuat hero itu menjadi payah. Ward,gem dan dust? Mungkin lain kali aj, kalau km pick ganker lain, TIDAK untuk Gondar!!

Spoiler Statistik Hero






Keunggulan dan Kelemahan


KEUNGGULAN 

1. MS yang sangat baik, dan masih bisa bertambah kalau di area ulti nya.
2. Bisa windwalk, untuk kabur / nge-bokong dengan mudah
3. Tidak begitu membutuhkan item, untuk bisa bunuh di early
4. Pertumbuhan Agility yang sangat baik
5. counter untuk hero2 invis

KELEMAHAN 

1. HP dan pertumbuhan STR nya sedikit
2. INT nya sangat buruk!!
3. Sama sekali tidak memiliki skill untuk creeping (untungnya dia adalah ganker)





SKILL

Shuriken Toss


The Bounty Hunter throws a shuriken at a target unit, dealing damage.

Level 1 - 100 damage.
Level 2 - 200 damage.
Level 3 - 250 damage.
Level 4 - 325 damage.

Casting Range : 650
Mana Cost: 90/115/135/155
Cooldown: 10

Shuriken Toss adalah skill nuke, berguna untuk nyicil atau nge-last hit Musuh yang sekarat dan km tidak bs menjangkaunya lagi, karena casting range nya jauh (650). Bisa dilihat tambahan Damage per levelnya itu berbeda-beda, yaitu ditambah 100 lalu 50 dan terakhir ditambah 75. Berarti di level 3 (gondar) km telah memiliki nuke dengan 200 damage, itu damage yang sangat tinggi loh untuk spell level 2.

Damage setelah dikurangi resistance adalah 75,150, 188, dan 244. Jadi kalau mau nge-last hit musuh sekarat pastikan HP nya sudah dibawah itu. JANGAN sampai musuhmu kabur dengan HP 10, karena km rugi besar, nuke mu ini termasuk skill yang sangat mahal untuk hero AGI, lihat aj manacost nya, untuk early itu SANGAT mahal!

Skill ini ada efek ministunnya selama 0.1 detik. Jadi bisa untuk me-remove channeling spell. Tipe damage magical, jadi dikurangi resistance dan di-block oleh spell immunity.


Jinada



Passively adds a critical strike and maim to Bounty Hunter's next attack, has a cooldown. Slow lasts for 3 seconds.

Level 1 - 1.5x critical multiplier, 25% movement and attack speed slow
Level 2 - 1.75x critical multiplier, 25% movement and attack speed slow
Level 3 - 2x critical multiplier, 25% movement and attack speed slow
Level 4 - 2.25x critical multiplier, 25% movement and attack speed slow

Cooldown: 12/10/8/6


Skill ini yang membuat gondar sangat berbahaya, terutama kalau dia sedang ngejar musuh. Musuh yang km pukul akan terkena ‘maim’ yaitu nge-slow 25% MS dan AS. Dan karena memberimu critical strike, artinya km tidak perlu lg membeli crytalis, jadi bs lebih fokus ke item DPS lain aj.

Skill ini pasif, tapi anehnya, skill ini juga ada delaynya. Yaitu karena criticalnya terpicu bukan berdasarkan ‘chance’ tapi akan selalu terpicu setiap cooldownnya selesai. Dan kalau cooldown nya selesai akan muncul animasinya di salah satu tanganmu, bercahaya (warna ungu), sama seperti animasi kalau tidebringernya kunkka aktif. Wah.. AS ga guna donk untuk memicu criticalnya ;(

Efek maim Jinada ini juga bisa mengurangi Attack Speed tower.


Wind Walk


Turns invisible for a period of time. Deals bonus backstab damage. Transition time decreases per level.

Level 1 - 30 backstab damage, lasts 15 seconds.
Level 2 - 60 backstab damage, lasts 20 seconds.
Level 3 - 90 backstab damage, lasts 25 seconds.
Level 4 - 120 backstab damage, lasts 30 seconds.

Mana Cost: 50
Cooldown: 15

Wind walk adalah skill yang membuatmu ‘invisible’ ( ga terlihat), menjadikanmu salah satu ganker yang paling ditakuti di early-mid game. Tapi hati-hati, karena ward,gem atau dust akan membuatmu terlihat. Selain buat nge-bokong, gunakan juga untuk kabur.

Efeknya sama seperti kalau menggunakan item lothar’s edge, dan ada Backstab damagenya, tp ga segede vendetta nya NA. Meski Backstab nya kalah jauh dengan ulti dari Rajanya Solo Kill itu, tp cooldown dan manacost wind walk mu jauh lebih baik untuk durasi yang lama juga. Dan yang terpenting, km sudah bisa menggunakannya sebelum level 6 kan? :D

Invisible nya akan terhenti tepat saat damage (backstab) menenai target, jadi bukan saat km nge-klik (attack) target. Mengaktifkan skill ini TIDAK me-remove channeling spellmu (tele). Tipe damage Physical, jadi dikurangi armor dan bs di block oleh vanguard, stout shoeld, dan semacamnya.


Track


Tracks an enemy hero for 30 seconds or until it dies. Allied units near the tracked target gain 20% movement speed increase. Ifthe target dies, Bounty Hunter gets bonus gold.

Level 1 - 150 extra gold, reduces target's armor by 1.
Level 2 - 200 extra gold, reduces target's armor by 3.
Level 3 - 250 extra gold, reduces target's armor by 5.

Casting range: 900/1050/1200
Area of effect: 900
Mana Cost: 70/60/50
Cooldown: 10/7/5

Track adalah skill yang amat sangat bagus, dari skill inilah kenapa Gondar sering di-pick untuk meng-counter hero2 invisible seperti rikimaru, weaver, clinks, dll.

Tracks memberimu dan teman2 mu sangat banyak MS di area efek target (900). Dan skill ini mengurangi armor target, meski tidak sebanyak true sight nya slardar ( Amplify). Jangan lupa juga kalau skill ini memberimu banyak bonus gold kalau target track mu mati selama durasi nya, jadi tidak penting siapa yang nge-last hit, karena km tetap dapat ‘bagianmu’ kok : )





SKILL BUILD

Standar Build
(credit : Hisoka)

1. Jinada
2. Windwalk
3. Shuriken Toss
4. Shuriken Toss
5. Shuriken Toss
6. Track
7. Shuriken Toss
8. Jinada
9. Jinada
10. Jinada
11. Track
12. Windwalk
13. Windwalk
14. Windwalk
15. Stats
16. Track
17. Stats
18. Stats
19. Stats
20. Stats
21. Stats
22. Stats
23. Stats
24. Stats
25. Stats

satu level jinada di early untuk membantu slow kalau ngebokong. Shuriken toss mentok pertama, kemudian Jinada, dan WIndwalk untuk backstab dan durasinya. Ambil Track kapanpun bisa.



Total Ganker

1. Windwalk
2. Shuriken Toss
3. Shuriken Toss
4. Jinada
5. Shuriken Toss
6. Track
7. Shuriken Toss
8. Windwalk
9. Windwalk
10. Windwalk
11. Track
12. Jinada
13. Jinada
14. Jinada
15. Stats
16. Track
17. Stats
18. Stats
19. Stats
20. Stats
21. Stats
22. Stats
23. Stats
24. Stats
25. Stats

Shuriken adalah skill yang harus pertama mentok, seperti nuke lainnya, skill itu paling sakit di early game. Windwalk ambil di early juga, untuk digunakan nge-bokong atau buat kabur klo km di bokong atau di keroyok.

Jinada ambil di mid game aj, km tidak akan membutuhkan critical strike di early,karena km harus jaga jarak dulu dengan musuhmu,lagipula criticalmu masih sangat sedikit di early. Track ambil kapanpun bisa, ada banyak hero yang sudah bisa ilang-ilang bahkan sebelum level 6, untuk km ‘tandai’.




Item Build dan Gameplay

EARLY GAME



ITEM

Item Awal :
Sobi Mask dan 2 tango. Jangan langsung basilus, km butuh item regen HP jg. Km butuh mana regen di early game, meski kapasitas mana mu kurang, km tidak begitu membutuhkan banyak kapasitas mana. Tp kalau teman se-lane mu mau membeli basilus jg , kusarankan km beli circlet / ganuntlet aj : )


Item Core :

BOOTS OF SPEED


Menambah kecepatan berlarimu : D ,sebaiknya km cepat-cepat memiliki sepatu ini, km akan sangat membutuhkannya di awal2 untuk nge-bokong. Jadi setelah basilusmu jadi, mending langsung beli ini aj.


EMPTY BOTTLE


yeah.. ganker mana yang tidak butuh item ini? Item regen yang sangat serba guna, especially untuk ganker, mengisi HP dan Mana dan juga bisa digunakan untuk menyimpan PU.


VLADMIR’s OFFERING


Item lifesteal yang kusarankan bgt, selain memberimu mana regen untuk menggunakan spell2 lebih sering, juga menambah armor aura dan kemampuan Lifesteal. Untuk hero yang DPS nya sangat baik apalagi km jg punya critical, sudah pasti item lifesteal adalah item yang wajib km bawa. Tp pastikan kalau kalian (tim mu) hanya memiliki satu vlad aj, kalau temanmu sudah beli mending km ga usah beli ini lg.





STRATEGY

Role

Seperti yg kw ketahui, Gondar adalah ganker utama di tim. Jadi km harus mobile dari lane ke lane untuk nge-bokong, menganalisa lane mana yang sudah cukup ‘aman’ untuk di-bokong. Km sudah harus melakukannya di level 3, karena sudah bs WW, tp kusarankan mulai nge-gank kalau sudah punya ulti.

Target utamamu adalah CARRY! Jadi tujuanmu adalah menghambat perkembangan skill dan Item CARRY lawan, dengan begitu km akan sukses menjadi ganker, dan teman-temanmu pasti bangga.


Lane

Pilih lane, salah satu antara ATAS atau BAWAH, jadi baik sentinel maupun scourge sy menyarankan kedua lane itu, km lebih cocok main dual lane, km butuh partner di early, apalagi kalau stunner, kalian bs mendapatkan kill dengan mudah di lane.





Solo mid adalah pilihan yang situasional, km ga harus main solo tp sebenarnya km bisa solo. Tp potensi killing awal2 mu akan disia-siakan kalau km main solo. Lagipula km tidak akan tahan lama kalau main solo. Jadi kalau tidak ada temanmu yang mau solo, mending km aj.


Yang harus km lakukan di lane :

- Last hit dan Deny
- Dapatkan Gold dan EXP sebanyak mungkin
- Creepblocking ( kalau km main di ATAS (sentinel) atau BAWAH (scourge)
- Kontrol Lane dengan DENY, jangan biarkan creep kalian terlalu nge-PUSH
- Kontrol lane dengan LAST HIT, jangan biarkan lawan terlalu nge-PUSH juga
- Jangan biarkan musuh ‘mengusirmu’ dari lane
- Jangan mati! Kaena akan mengacaukan mid game mu
- BUNUH musuh di lane mu!


Setengah dari semua tugas2 itu mudah km lakukan, selebihnya adalah tergantung situasi dan luck mu juga.

Prioritas utamamu adalahuntuk dapat gold sebanyak mungkin, jadi kalau tidak ada tower yang mesti di defense, atau tidak musuh yang bisa dibokong, lanjut creeping aj dulu lane, jangan di hutan, km ga punya bakat ngutan di early, nuke mu emang sakit, tp km harus menghematnya, jd dapatkan gold sebanyak mungkin.


Menggunakan SKILL :

Skill2 gondar adalah skill yang SANGAT mahal di early, namun sangat berguna. Jadi km harus menggunakannya benar2 pada situasi yang tepat, karena kalau km salah menggunakannya, km hanya membuang mana mu dan akibatnya harus kembali ke fountain untuk ngisi mana tanpa hasil sama sekali. Jadi ingat! Jangan menggunakan skill2 mu ke musuh yang HP nya 1000 klo km sendirian disana, ga akan berhasil.

Terutama untuk penggunaan shuriken, jangan pernah menggunakannya ke musuh kecuali akan nge-last hit nya. Cooldown skill itu memang cukup singkat, tp mana nya sangat mahal untukmu, dan km akan membutuhkannya lain waktu, jadi simpan shurikenmu untuk nge-last hit, kecuali disana ada temanmu yang punya skill dengan range yang sangat jauh dan bisa menghabisinya.


WINDWALK :

Skill yang paling membantumu ngebokong musuh.


Windwalk saat bokong musuh :

Kesalahan yang sering terjadi saat membuka bokongan dengan windwalk adalah dengan langsung ‘klik-kanan’(attack) target dan setelah itu melempar skill2 yang lain. Sebenarnya cara itu boleh-boleh saja, tapi masih ada cara yang lebih baik untuk membukanya.

Pertama gunakan windwalk, dekati target dan jangan lakukan apapun dulu, tunggu sampai ada temanmu yang datang, sebaiknya posisimu tepat dibelakang target (arah kabur target).

Spoiler Screenshot

No comments:

Post a Comment